Difa City Tour and Transport

Transportasi merupakan kebutuhan dasar setiap orang, artinya tiap-tiap orang mempunyai hak yang sama untuk berada dimana saja dengan bergerak (bertransportasi). Seseorang dapat bergerak sendiri dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan tak bermotor, atau bergerak mengemudikan dan menumpang kendaraan bermotor. Khusus untuk seseorang yang melakukan perjalanan dengan mengemudikan kendaraan bermotor ada beberapa syarat cukup/wajib (sufficient condition) yang harus dipenuhi sehingga orang tersebut memenuhi aspek kepatuhan (legal) dan kepatutan (layak) untuk bergerak dengan mengendarai kendaraannya, diluar syarat-syarat lain yang bersifat perlu (necessary condition).

Bagi saudara-saudara kita yang mempunyai keterbatasan fisik, belum optimalnya pelayanan angkutan umum misal angkutan umum yang mampu mengakomodir kebutuhan yang beragam, kendaraan roda dua yang dimodifikasi dapat memberikan perbedaan besar dalam kehidupannya, antara lain: 1) mampu meningkatkan kemandirian dalam kehidupan sosial, 2) mencari pekerjaan dan bekerja; dan 3) mendapatkan kebebasan untuk pergi dimanapun dan kapanpun.

Kemajuan teknologi modifikasi kendaraan roda dua telah banyak membantu pengemudi/pengendara dengan keterbatasan fisik, mulai dari menghasilkan kendaraan yang mudah digunakan oleh pengemudi dengan keterbatasan sampai dengan melakukan modifikasi khusus (termasuk untuk menurunkan batas kecepatan) sehingga pengguna dengan keterbatasan mampu menggunakannya dengan mudah. Tentunya modifikasi ini juga harus memenuhi prinsip-prinsip passive safety (melindungi pengguna) dan memastikan kendaraan modifikasi tidak berbahaya bagi pengguna jalan yang lain.

Saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus di Yogyakarta melihat celah lain tentang pemanfaatan kendaraan roda dua modifikasi. Selain sebagai moda transportasi untuk memudahkan gerak aktivitas mereka. Kendaraan roda dua modifikasi dimanfaatkan untuk membuka lapangan usaha dengan mendirikan jasa layanan transportasi.

Terkait hal tersebut, beberapa waktu yang lalu Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM mengangkat topik tentang Difa City Tour and Transport dalam acara rutin seminar bulanan. Topik ini membicarakan hal yang menarik tentang saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus mendirikan Difa City  Tour and Transport sebagai sebuah usaha yang bergerak dalam bidang layanan transportasi menggunakan kendaraan roda dua modifikasi.

Pembicara dalam acara seminar bulanan ini adalah Triyono, pendiri usaha Difa City Tour and Transport. Triyono memaparkan pendirian Difa City Tour and Transport dilatarbelakangi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan teman-teman yang berkebutuhan khusus untuk berkontribusi bagi teman-teman berkebutuhan khusus lainnya dan juga warga umum melalui jasa transportasi. Selain itu Difa City Tour and Transport juga bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat bahwa masyarakat berkebutuhan khusus bukan merupakan beban sosial, tetapi juga membuktikan bahwa teman-teman berkebutuhan khusus dapat mencari nafkah dengan mobilitas tinggi. Produk layanan yang ditawarkan oleh Difa City Tour and Transport adalah layanan city tour, jasa antar transportasi, pengiriman barang atau dokumen, serta jasa massage.